“DARMA CARAKA” BERBUDAYA


Wilujeng enjang,….. Mugi kawilujengan, kasarasan, saha karaharjan tansah kajiwa, kasalira wonten ing panjenengan dalasan kula.
🙂

Halo,…. Salam sehat, damai, dan sejahtera dari “Darmacaraka” (SMPN 2 Jetis) untuk semua pembaca yang budiman.

Pada Hari Kamis, 13 Oktober 2022 “Darma caraka” mengadakan kegiatan pemilihan dimas diajeng SMPN 2 Jetis lho….. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis Pahing (hari berdirinya Keraton Yogyakarta) di mana para warga sekolah mengenakan pakaian adat jawa. Warga laki-laki mengenakan surjan dan perlengkapannya, sedangkan wanita mengenakan kebaya dan perlengkapannya.

Kegiatan fashion show bertemakan pakaian adat jawa ini bertujuan supaya seluruh warga sekolah tidak lupa dan senantiasa mencintai adat-kebudayaannya. Apakah kita mau kalau budaya adiluhung kita yang tercermin pada pakaian adat ini malah diakui, dicintai, pun diklaim oleh negara lain? Tentu saja tidakkan? Nha, inilah salah satu cara “Darma caraka” menanamkan kecintaan terhadap kebudayaan.

Pada pemilihan dimas diajeng ini, setiap kelas mengirimkan perwakilan 2 orang laki-laki dan 2 orang wanita untuk mengikuti kegiatan fashion show. Para siswa terlihat antusias dan tampil menawan. Udara yang sejuk, bersih, dan padat menambah daya lantunan musik gamelan. Setiap perwakilan kelas berjalan menunjukkan pesona dan wibawanya di hadapan para penonton melintasi lapangan basket yang masih sedikit basah karena semalaman diguyur hujan.

Adapun Bapak Ibu Guru dewan juri yang bertugas melakukan penilaian adalah Ibu Uni K., Ibu Sarjiyah, Bapak Fauzi, dan Bapak Asep W. Apek penialain yang dilakukan mencakup kelengkapan dan kerapian pakaian serta keluwesan serta ekspresi dalam berjalan.

Selain perwakilan kelas, peserta didik lain juga terlihat antusias mengenakan pakaian adat jawa ini ditunjukkan dengan antusiasme untuk berfoto

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *