IMPLEMENTASI NILAI “PROJOTAMANSARI”

Semangat pagi,…. selam sehat, damai, dan sejahtera untuk kita semua. Kali ini “Darma caraka” akan berbagi salah satu kegitan sekolah.

Sebelumnya, apakah “pembaca” pernah mendengar/ tahu lagu Ngayogyakarta yang dinyanyikan Genk Kobra? Kalau belum, berikut lagunya:

………….. “Mbantul, prajatamansari, ben ra ucul yo digondheli.
“Sleman sembada, eman-eman marai gela”……………….
“Gunungkidul handayani, bacut ucul angel nggoleki.
K
ulonprogo binangun, karo kanca mbok ya sing rukun“……….

Seperti lagu yang dinyanyikan Genk Kobra tersebut, setiap Kabupaten di DI Yogyakarta memiliki semboyannya masing-masing. Bantul “PROJOTAMANSARI”, Sleman “SEMBADA”, Gunungkidul “HANDAYANI”, Kulonprogo “BINANGUN”. Bagi sebagian besar masyarakat di Kabupaten Bantul, tentu tidak asing lagi dengan “PROJOTAMANSARI”. “PROJOTAMANSARI” adalah akronim dari Produktif-Profesional, Ijo royo royo, Tertib, Aman, Sehat, dan Asri.

Setiap minggu SMPN 2 Jetis mengadakan kegiatan “Jumat Bersih” dan “Jumat Sehat”. Pelaksanaan kegiatan tersebut dilakukan secara berselang (jika minggu ini melakukan “Jumat Bersih”, maka minggu berikutnya melaksanakan “Jumat Sehat” dan seterusnya). Kegiatan ini dilakukan secara terus-menerus sehingga membudaya, menjadikan seluruh warga sekolah untuk melaksanakan budaya hidup bersih dan  sehat. Dengan adanya “Jumat Bersih”, lingkungan sekolah menjadi sehat dan asri. Selain itu, pada proses pelaksanaannya, kegiatan ini dapat menanamkan sikap disiplin dan tertib karena semua warga tanpa terkecuali diwajibkan untuk ikut berkontribusi melaksanakan “Jumat Bersih”.

  Kemudian dengan adanya “Jumat Sehat”, tubuh diharapkan dapat menjadi semakin sehat dan bugar, sehingga bisa lebih produktif. Kegiatan Jumat sehat biasanya dilakukan dengan melakukan senam, olah raga, maupun jalan sehat. Berikut merupakan foto kegiatan “Jumat Sehat” yang Darma caraka laksanakan:

Persiapan Senam
Olahraga Tarik Tambang

 

Olahraga Gobak Sodor

   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Melalui kegiatan-kegiatan tersebut, maka nilai Produktif-Profesional, Ijo royo royo, Tertib, Aman, Sehat, dan Asri (PROJOTAMANSARI) dapat terimplementasi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *